Apalah arti sayang dan cinta, apabila tak ada ujudnya!

Secara sekilas, sebuah rasa sayang bisa dikatakan seperti seseorang yang baru mau mulai sebuah usaha. Ada suatu perasaan atau ketertarikan atau koneksi yang membuat orang ingin mencari tahu usaha tersebut.
Kalau rasa atau ketertarikan itu sangat kuat, akhirnya jadi cinta, mau badai menghadang kedepan, orang akhirnya berani untuk memutuskan membuka usaha, walaupun terkadang belum ada kepastian sukses atau tidaknya usaha tersebut.

Tetapi rasa sayang dan cinta, tidaklah cukup dalam memulai sebuah usaha atau hubungan. Ada hal lain yang perlu ditindaklanjuti dari kata-kata cinta dan sayang yaitu sikap dan perbuatan.

Katanya, Dinda cinta ama pacarnya.
#Tetapi kenapa dia tetap selingkuh?

Ririn bilangnya sayang ama anjingnya.
#Kenyataannya, mboknya yang setiap hari kasih makan.
Ririnnya kemana?

Dulu, gua ngaku kalo sayang ama orang tua.
#Tapi kalo lagi capek, malas juga angkat telpon dari enyak.

Dilihat-lihat lagi, kita begitu mudahnya mengumbar kata cinta dan sayang kepada seseorang. Apapun definisi dari kata sayang dan cinta, maka yang penting adalah “ujudnya”.
Bagaimana input-proses-ouputnya?
Input- “Gua sayang sama dia, Na. Beneran..! Gua ga ada maksud nyakitin hati dia”
Proses- “Memang sie, gua sadari gua milih jalan ama temen-temen daripada dia, tapi gua sayang”
Output- “Pilih teman-teman daripada dia”
Pada akhirnya, arti sayang dan cinta tidak lagi sepenting dari ujud dari sayang atau cinta tersebut.

Arti sayang dan cinta memang bisa berbeda pemaknaannya bagi setiap orang, salah satunya, tokoh terkenal Khalil Gibran.

Arti sayang dan cinta bagi Khalil Gibran dapat dilihat dari salah satu puisinya:

…………………………………………………………
…………………………………………………………
“Tetapi selain rasa suka dan rasa cinta… ada
perasaan yang lebih mendalam.
Yaitu rasa sayang…. rasa yang tidak hilang
secepat rasa cinta. Rasa yang tidak mudah berubah.

Perasaan yang dapat membuat mu berkorban untuk orang yang kamu sayangi.

Mau menderita demi kebahagiaan orang yang kamu sayangi.
Cinta ingin memiliki. Tetapi sayang hanya ingin
melihat orang yang disayanginya bahagia..
walaupun harus kehilangan.”
– Kahlil Gibran

Bagi Kahlil Gibran, rasa sayang terungkap memiliki arti lebih dalam dari rasa cinta, dimana tidak berusaha memiliki dan hanya ingin melihat orang yang disayanginya bahagia.

Tetapi beda halnya menurut Merriam-Webster Dictionary dalam mengartikan kata cinta dan sayang:

“Love: strong affection for another arising out of kinship or personal ties; affection based on admiration, benevolence, or common interests.
Affection: a moderate feeling or emotion.”

Dapat dilihat dari Merriam-Webster, sayang (afeksi) adalah bagian dari sebuah cinta dimana sayang hanyalah sebuah perasaan dengan batasan yang tepat, sedangkan cinta adalah sebuah perasaan sayang yang sangat kuat.

Dua sudut pandang yang berbeda dalam memaknai sayang dan cinta.
Jadi, apalah arti sayang dan cinta…
Walaupun pemaknaan bisa berbeda, tapi ujudnya dapat membedakan arti sayang dan cinta yang sebenarnya.

15 thoughts on “Apalah arti sayang dan cinta, apabila tak ada ujudnya!

  1. Bagi Qu rasa syanG en cinta tu lebay bnget
    Krna kLaU prtma pCran tu bLng q syang kmu en q cinta qmU
    Ttpi sdah putOs tu bLang kLau q bnci qmu , q tak suKa kmu
    Lebay kan
    Prtma janjI en prhtian lma2 musuh en munafik

  2. Cinta itu bisa dibilang sebuah Perasaan hati (bahwa aku cinta kamu dll) . . dan bentuk cinta itu sendiri adalah sebenarnya sayang! jadi menurutku Sayang lebih ke kata kerjanya !!!!

    ” JANGAN LAH KAMU BILANG SAYANG JIKA TAK PERNAH NYATA, TAPI KATAKANLAH
    CINTA BERARTI ESSOK KAMU AKAN MENYAYANGINYA, MEMILIKINYA BAHKAN DENGAN SETULUS HATI ”

    BY : @almoexco

  3. sayang ntuh bkan dari mata tpi dari hati.
    lain klo cinta.
    cinta tuh hanya ngeliat dengan sebelah mata aja

    bgtu lah cinta gw yang udah 4 thun bang ,
    akhirnya sakit .

  4. batasannya sangat tipis antara sayang dan cinta dan tergantung sayang dan cinta nya kepada siapa dulu? teman, pacar, suami, anak, saudara, ayah, ibu, dll
    setuju banget postingan ini, harus ada tindakan nyata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s